Welcome

Kamis, 14 Oktober 2010

Lenggak Lenggok Wong Palembang

Lenggak Lenggok Di Pinggiran Sungai Musi


Kebersamaan Di Pinggir Sungai Musi

Sungai musi adalah jatung hati kota Palembang. Sungai musi dan masyarakat Palembang adalah dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan. Hubungan rakyat Palembang dan Sungai Musi sudah terjalin sangat lama bahkan sebelum datangnya koloni Belanda. Di sungai inilah dahulu kala armada-armada kerajaan Sriwijaya berjaya. Hingga kini Sungai Musi masih menjadi tokoh sentral dalam denyut nadi kehidupan warga Palembang khususnya.

Hampir segala aktivitas kehidupan dilakukan orang Palembang di Sungai Musi. Apabila kita menyelusuri pesisir sungai dapat kita temui berbagai macam aktivitas yang dilakukan masyarakat sekitar sungai seperti yang terlihat dari foto, mulai dari mandi, para ibu mencuci pakaian, anak-anak bermain riang berenang ke sana dan ke mari, sedangkan bapak-bapak sibuk melaut dengan paruhnya (mencari ikan di sungai musi) untuk nafkah bagi keluarganya, ataupun sekedar memancing mencari ikan untuk lauk makan di rumah bersama keluarga tercinta.

Dari sana dari foto ini dapat kita lihat dan kita bayangkan campura aduk aktivitas yang dilakukan orang-orang di Sungai Musi. Di Sungai Musi semua ada, orang mencari keceriaan, menemukan kebersamaan, memeras keringat mencari nafkah untuk keluarga, suka dan duka semuanya hadir di sungai tercinta ini, bahkan cinta pun dapat terjalin di sungai ini.

Tak bisa dibayangkan bila air sungai ini tercemar semua aktivitas yang biasa dilakukan oleh rakyat sekitar akan mati dan kehidupan sekitar pesisir Sungai Musi pun akan punah. Gejala pencemaran air sungai ini pun sekarang mulai terlihat, banyak air anak-anak sungai dari sungai musi yang mengering, mendangkal dan tercemar limbah terutama limbah keluarga dan bila ini terus dibiarkan dari hari ke hari akan berdampak buruk bagi Sungai Musi itu sendiri.

Lihatlah di foto ini, dapat kita lihat banyak sampah berserakan di pinggiran Sungai Musi, rakyat sekitar banyak yang tidak peduli dengan kebersihan air Sungai Musi padahal dari sungai inilah mereka hidup, dari air sungai ini pula mereka minum. Apakah mereka tidak pernah berpikir bagaimana bila air Sungai Musi tercemar limbah, rusak dan akhirnya kering, yang rugi adalah mereka sendiri.

Sekarang dibanyak tempat di Sungai Musi sudah banyak dipasang papan peringgatan untuk selalu menjaga kelestarian sungai dan kebersihan airnya. Semoga rakyat sekitar Sungai Musi semakin sadar untuk menjaga sungai mereka agar air sungai musi dapat terus dimanfaatkan. Dan untuk kita semua mulai sekarang harus ditanamkan rasa peduli menjaga sungai di sekitar kita karena dari sungailah sumber kehidupan berasal dan dari sungai pula sumber peradapan dimulai.

“Save our river. Save our water.”

Aktivitas Sehari-hari Warga Sekitar Sungai Musi
Senyum Polos Dari Wajah-Wajah Yang Bahagia
Kumpul Bersama Di Sore Hari Di Tepian Sungai
Para Calon Atlet Loncat Indah Indonesia Lahir Dari Pinggiran Sungai Musi
Senyum Sang Calon Jawarah Loncat Indah
Gotong Royong Adatnya Wong Palembang
Pelampung Plastik, Kreatif Atau Sekedar Iseng??
Kecerian Anak-Anak Sungai Saat Bermain Bersama
Tawa Tulus Yang Sangat Lepas Dari Sang “Anak Sungai”
Salah Satu Aliran Sungai Dari Anak Sungai Musi
Sang Pemancing, Sedang Menanti Hasil Pancingannya Yang Belum Kunjung Dapat
Kapal Bersandar Di Daerah Kampung Kapitan
Mall 16 (Sixteen)
Mengenaskan, Banyak Limbah Di Sungai, Mana Kepedulian Masyarakat??
Sungai Kita Kini!!! Semua Orang Harus Peduli Dengan Kebersihan Lingkungan Terutama Sungai !!!
Keadaan Sungai Disalah Satu Anak Sungai Dari Sungai Musi
JAGALAH DAN LESTARIKAN SUNGAI. JANGAN MEMBUANG SAMPAH KE SUNGAI !!!
Pasar Di Pinggir Sungai Sekanak (Anak Dari Sungai Musi)

Lokasi : Pinggiran Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan
Jenis kamera : Sony Prosumer Cyber Shot DSC-H50
Waktu pengambilan : Pukul 17:22:28 wib, 13 Oktober 2010
By Adrian Fajriansyah (14/10/2010)
 

Tidak ada komentar: